Kisah pemuda yang terbebas dari hukuman karena ingin mengadakan acara maulid

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu alaikum wr. wb.

Setelah beberapa tahun terakhir ini saya tidak pernah membuat postingan di blok ini, karena beberapa kesibukan. Kini saya ingin membuat sebuah postingan tentang kisah mengadakan maulid nabi, berhubung sekarang adalah bulan maulid. Semoga kita semua mendapat syafaat dari baginda nabi kelak di hari kiamat. Amiiinnn



Al-kisah di saat kepeminpinan kholifah Abdul Malik bin Marwan di kota Syam hiduplah seorang pemuda tampan yang suka bermain kuda. 



Pada suatu hari, saat ia menunggangi kudanya, lalu kuda itu lepas kendali dan berlari di jalan-jalan kota Syam sampai akhirnya tiba di depan istana kholifah (raja). Lalu kuda itu menabrak putra kholifah sampai meninggal.

Akhirnya kholifah mengetahui bahnya putranya meninggal gara-gara tertabrak kuda pemuda itu, dan menyuruh pemuda itu untuk menghadap. Saat pemuda itu sudah hampir tiba di istana, ia berkata dalam hatinya "Jika Allah SWT membebaskanku dari peristiwa ini, maka aku akan membuat jamuan makan yang sangat besar, yang didalamnya akan dibacakan maulid Nabi SAW."

Saat pemuda itu sudah tiba di depan kholifah, sang kholifah tertawa padahal sebelumya ia dipenuhi kemarahan.

Kholifah lalu bertanya: "Hei nak, apakah kamu pandai menyihir"

"Tidak baginda, demi Allah" jawab pemuda itu.

Lalu kholifah berkata: "Baiklah, engkau akan aku maafkan, tapi sebelumya katakan padaku apa yang telah engkau ucapkan"

"Saya hanya berkata, Jika Allah SWT menyelamat saya dari peristiwa genting ini maka saya akan mengakan pesta untuk memuliakan kelahiran baginda nabi SAW" jawab sang pemuda.



Kholifah lalu berkata: "Baiklah, engkau telah aku maafkan. Dan ini seribu dinar aku berikan karena mengagungkan maulid nabi. Serta aku sudah membebaskanmu dari tuntutan nyawa anakku"

Akhirnya pemuda itu pulang dengan membawa uang seribu dinar serta terbebas dari tuntutan nyawa sebab barokah maulid nabi

Refrensi : I'anatut Tholibin juz 3 halaman 415 (Maktabah syamilah)

Related Posts:

0 Response to "Kisah pemuda yang terbebas dari hukuman karena ingin mengadakan acara maulid"

Posting Komentar