KISAH PERNIKAHAN NABI YUSUF DENGAN ZULAIKHA (pada hari jum'at)


Setelah suami zulaikha yang dahulu wafat, dan dia sudah menjadi tua,miskin serta buta.namun walaupun begitu,rasa cintanya terhadap yusuf semakin hari semakin besar.dan disaat itu dia masih belum beriman, setiap hari selalu menyembah berhala, namun keinginannya tidak pernah tercapai untuk bisa bersanding dengan yusuf, sehingga habislah sesabarannya. Dia lalu membanting berhalanya, sontak saja berhala itu hancur berkeping-keping dan iapun beriman pada Allah.
Pada suatu malam, tepatnya malam jum'at zulaikha dia bermunajat "Ya Allah Ya Tuhanku, sekarang saya sudah tidak punya apa-apa lagi, harta, dan kecantikanku sudah sirna, dan sekarang hambamu ini telah menjadi orang tua yang faqir serta hina. Dan engkau masih membarikan cobaan yang teramat besar kepada hamba dengan memberikan rasa cinta dan rindu yang teramat sangat kepada yusuf,maka sampaikanlah rasa cinta dan rindu ini kepada yusuf, dan atau kembalikanlah cinta dan rindu ini kepadaku sehingga hamba ini tidak merasa tersiksa"
Disaat para malaikat mendengar rintihan Zulaikha, mereka semua mebgadu "ya ALLAH ya tuhan kami, sesungguhnya zulaikha telah datang dengan doanya disertai rasa iman serta ikhlas kepadamu mka kabulkanlah doanya"
Kemudian Allah menjawab para malaikat" Wahai para malaikatku,sekarang telah tiba waktunya."
Pada suatu saat Yusuf lewat di dekat rumah Zulaikha, Zulaikha lalu berteriak "MAHA SUCI ALLAH YANG DENGAN RAHMATNYA TELAH MENJADIKAN BUDAK MENJADI SEORANG RAJA"
Mendengar itu lalu Nabi Yusuf berhenti, dan bertanya, siapakah dirimu ?
Zulaikha menjawab "aku yang dahulu telah membelimu dengan emas,intan, berlian dan permata. Aku adalah orang yang tidak pernah merasakan kenyang semenjak selalu merasa rindu padamu. Aku adalah orang yang tidak pernah merasakan tidur nyenyak semenjak melihatmu."
"Apakah engkau adalah Zulaikha ?"tebak Nabi Yusuf
"Ia benar, akulah Zulaikha !"ucap zulaikha membenarkan
Nabi Yusuf bertanya lagi "dimankah harta dan kecantikanmu ?"
Zulaikha lalu menjawab " semuanya telah hancur karena rasa rinduku padamu"
Nabi yusuf melanjutkat pertanyaannya "terus bagaimana rasa rindumu kepadaku ?
Zulaikho menjawab" masih tetap seperti sedia kala, bahkan semakin bertambah setiap saat."
Nabi Yusuf: "lantas apa yang engkau ingikan dariku ?
Zulaikha:"Tiga hal saja, aku menginginkan kecantikan dan hartaku kembali dan terakhir aku menginginkan menikah denganmu"
Nabi Yusuf lalu hendah meninggalkan Zulaikha akan tetapi Allah memberi wahyu kepadanya "Wahai Yusuf, engkau tadi bertanya kepada Zulaikha apa yang dia inginkan, tetapi engkau tidak memberikanya. Maka ketahuilah, bahwa Allah telah menikahkan Zulaikha denganmu, dan menjadikan para malaikat sebagai saksinya."
Nabi Yusuf lalu berkata pada malaikat jibril "bagaimana aku bisa mencintainyai, padahal Zulaikha sudah tidak punya apa-apa,tidak cantik dan sekarang dia sudah tua."
Maikat Jibril lalu menjawab "wahai yusuf sesungguhnya Allah berfirman kepadamu, jika hanya dia tidak cantik dan tidak punya apa-apa, maka ketahuilah, sesungguhnya Allah maha kuasa"
Lalu Allah menjadiakan zulaikha sangat cantik kembali, bahkan dia sperti disaat berusia 14 tahun. Dan Allah menberikan rasa cinta dan rindu kedalam hati Yusuf,dan sekarang semuanya telah berubah, yang dulunya adalah orang yang selalu merindukan, sekaran menjadi orang yang selalu di rindukan. Yang dulunya adalah orang yang selalu mencintai, sekarang menjadi orang yang selalu dicintai.
Setelah itu Nabi yusuf menbawa Zulaikha pulang, dan hendak berhubungan dengannya, akan tetapi ternyata Zulaikha sedang melaksanakan sholat, dan nabi yusuf lama sekali menunggui Zulaikha yang takkunjung selesai sehingga hampir habis sesabaran Yusuf as.
Nabi yusuf as. Lalu berujar: "wahai zulaikha bukankah engkau yang dulu tidak sabar sampai menarik bajuku saat aku hendak lari darimu"
Dan ketika Zulaikha selesai sholat dia menjawab "ia itu memang aku yang melakukannya, namun hatiku sekarang tidaklah seperti dulu"
Kemudian Zulaikha hendak melaksanakan sholat lagi, akan tetapi nabi yusuf menarik bajunya hingga baju itu sobek.
Kemudian datanglah malaikat jibril membawa wahyu "wahai Yusuf, sekarang telah impas baju di balas baju, jadi janganlah ebgkau dan zulaikha saling mencela"
Di nukil dari kitab AS-SAB'IYAAT bi hamisy MAJALISUS SANIYYAH hal 112-114 maktabah al-hidayah surabaya

Related Posts:

0 Response to "KISAH PERNIKAHAN NABI YUSUF DENGAN ZULAIKHA (pada hari jum'at)"

Posting Komentar