Fadilah bismillah


Assalamu alaikum wr.wb

Bismillahirrohmanirrohim

   Rosullah SAW. Bercerita,"Dimalam saat aku isro' mi'roj, aku melihat empat buah sungai di surga.
  1. Sungai Air.
  2. Sungai Susu.
  3. Sungai Khomer.
  4. Sungai Madu.

   Lalu aku bertanya pada Jibril "Wahai Jibril, Dari mana sumber sungai-sungai itu, dan kemana akan mengalir ?"

"Sungai itu mengalir ke telaga Kautsar, tapi saya tidak tau dari mana sungai-sungai itu mengalir. Maka berdoalah kepada Allah agar Allah mau memberi tahu atau mau memperlihatkan padamu dari mana sungai-sungai itu mengalir." Jawab Jibril

  Kemudian beliau berdoa, dan datanglah seorang malaikat. Malaikat itu lalu menyuruhku untuk memejamkan mata, kemudian aku pejamkan mataku, dan malaikat itu menyuruhku untuk membuka kembali mataku.

   Saat ku buka mataku, aku tiba-tiba ada di dekat sebuah pohon, dan aku melihat sebuah kubah putih yang terbuat dari mutiara. Yang seandainya seluruh penduduk bumi, baik jin dan manusia berkumpul dan di letakkan di kubah itu, maka niscaya mereka hanya terlihat seperti seekor burung yang duduk di atas sebuah gunung.

   Dan kubah itu memiliki sebuah pintu warna merah dari emas, tetapi pintu itu terkunci. Dan aku melihat ke empat buah sungai itu mengalir dari bawah kubah tersebut.

   Saat aku hendak pergi, malaikat itu berkata padaku, "Mengapa engkau tidak masuk kedalamnya .?"
"Bagaimana aku bisa masuk, pintunya terkunci, dan aku tidak memiliki kuncinya." Jawabku.
Malaikat itu lalu bekata "Kuncinya adalah BISMILLAHI AR-ROMANI AR-ROHIM"
 
   Saat aku mendekati kunci itu, aku membaca "BISMILLAHI AR-ROHMANI AR-ROHIM" kemudian kunci itu terbuka, dan aku masuk kedalam kubah itu. Didalamnya aku melihat " بسم الله الرحمن الرحيم " tertulis di keempat sudut kubah itu, dan aku melihat
  • Sungai air bersumber dari lubang Mimnya lafaz BISMI
  • Sungai susu bersumber dari Hã'nya lafadz ALLAH
  • Sungai khomer keluar dari Mimnya AR-ROHMANI
  • Sungai madu keluar dari mimnya lafadz AR-ROHIMI
   Maka aku tahu kalu ke empat buah sungai itu mengalir dari lafadz basmalah. Kemudian Allah berfirman "Wahai Muhammad, siapapun diantara umatmu yang mengingatku (berdzikir) dengan hati yang ikhlas, dan dia membaca Bismillahirrohmanirrohim, maka aku akan memberinya minuman dari sungai-sungai ini."

   Dalam suatu riwayat di sebutkan "Tidak akan pernah di tolak doa yang diawali dengan BISMILLAHIRROHMANIRROHIM"

Refrensi:
Kifayatul atkiya' hal: 05

Baca juga: hukum membaca bismillah

Related Posts:

6 Responses to "Fadilah bismillah"

  1. Subanallah, sungguh mulia dan dapat menjadi penyejuk jiwa.

    Selamat pagi dan tetap semangat berkarya, mas Wadud.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Khomer itu ARAK atau TUAK mbak, di surga jga ada mbak, tp di dunia haram meminumnya,.
      Mksih

      Hapus
  3. Bismillah
    Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan dari postmu ini
    aamiin

    BalasHapus