Serat sutra alam liar



Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrohmanirrohim.
Selamat pagi, semoga kita senan tiasa berada dalam rahmat dan ampunan Allah.


Selanjutnya kali ini saya ingin mempublikasikan hasil keputusan Bahtsul masail FMPP ke 19 yang dilaksanakan di LPI Al-Hamidy Banyuanyar pada tanggal 24-25 Juni 2009 lalu. Dan insyaallah saya akan memposting semuanya mulai dari komisi A sampai Komisi C satu persatu sesuai deskripsi masalahnya. Dan kali ini sayakan memublikasikan soal pertama di komisi A, dengan judul serat sutra alam liar. semoga barokah dan bermanfaat

SERAT SUTRA ALAM LIAR

Kerangka Analisis Masalah
Mulai tanggal 15 April sampai tanggal 10 Mei 2009 yang lalu, Gallery House of Sampoerna Surabaya mengadakan pameran Te-Collabo. Di antaranya menampilkan produk serat sutra alam liar. Berbeda dari serat sutra biasa, serat sutra ini berasal dari kepompong ulat hama yang biasa menyerang tanaman buah atau criculla tripennestrata yang banyak ditemukan pada pohon jambu mete, kedondong dan alpukat atau attacus altas yang banyak bercokol di pepohonan mahoni dan sirsak. Sedangkan sutra biasa berasal dari bombyx mori atau ulat sutera pohon murbei yang umumnya diternakkan.
Proses membentuknya benang juga sedikit berbeda dari bombyx mori, kepompong direbus dengan ulatnya. Kapas hasil rebusan tersebut kemudian dihubungkan dengan alat pintal otomatis dan langsung jadi benang. Sedangkan pada ulat sutra alam liar, hanya kepompongnya saja yang direbus. Ulatnya sudah menjadi kupu-kupu. Perebusan tersebut dilakukan sampai tujuh kali sampai kepompong berbentuk kapas, kemudian dipintal secara manual. Alat pintalnya bisa bertenaga listrik, tapi tetap dipilin dengan tangan. Karena bahannya berbeda, kain tenun dari benang sutera alam liar pun tidak sama dengan sutra biasa. Kai dari serat sutra alam liar lebih kasar seperti katun dan warnanya pun tidak putih, tetapi sesuai dengan kepompongnya. Ada yang coklat atau warna keemasan. Tapi walaupun lebih kasar, harga serat sutra alam liar lebih mahal dari serat sutra biasa.
Harga serat sutra alam liar mencapai Rp. 750 ribu - Rp. 800 ribu per meter. Sedangkan serat sutra biasa hanya sekitar Rp. 60 ribu per meter. Serat sutra alam liar ini ditemukan oleh para peneliti Jepang setelah mengadakan penelitian selama tiga tahun mulai tahun 1994 sampai 1997. Sekarang serat sutra alam liar ini sudah mulai dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia.
SAIL: LPI Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan

Pertanyaan
a. Adakah perbedaan secara hukum antara kain sutra alam liar dengan kain sutra biasa sebagaimana dalam deskripsi masalah di atas ?
b. Bagaimana hukum memakai sutra alam liar tersebut ?    

Jawaban
a. Mengingat beberapa referensi yang ada tentang definisi harir yang tidak ada penegasan jenis ulat maka dikembalikan pada hukum asal harir sehingga sutra alam liar dalam segi hukum tidak ada perbedaan dengan sutra biasa.
b. Gugur

REFRENSI:
1. Nihayah Al-Zain vol. I hal. 317
2. Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzab vol. IV hal. 449
3. Fath al-Bari' vol. X hal. 295
4. Mughny al-Muhtaj vol. I hal. 582
5. I'anah at-Thalibin vol. II hal. 90-91
6. Fatawi as-Syar'iyyah Hasanain Makhluf vol. I hal. 100-101
7. Al-Munjid fi al-Lughah hal. 228
8. Al-Imtina' wa al-Mu'anasah hal. 15


1. نهاية الزين شرح قرة العين صحـ 317
لا يجوز للرجل والخنثى استعمال الحرير بسائر أنواعه كالإبريسم والديباج والسندس والقز ونحو ذلك بما يعدّ استعمالاً عرفاً

2. المجموع شرح المهذب الجزء الرابع صحـ 449
(الثانية) القز كالحرير فيحرم على الرجل استعماله هذا هو الصحيح وبه قطع الجمهور ونص عليه الشافعي في الام ونقل امام الحرمين الاتفاق عليه وحكى المتولي فيه وجهان وهو شاذ

3. فتح الباري لابن حجر العسقلاني الجزء العاشر صحـ 295
وأما القز بالقاف بدل الخاء المعجمة فقال الرافعي عد الأئمة القز من الحرير وحرموه على الرجال ولو كان كمد اللون ونقل الإمام الاتفاق عليه لكن حكى المتولي في التتمة وجها أنه لا يحرم لأنه ليس من ثياب الزينة قال ابن دقيق العيد إن كان مراده بالقز ما نطلقه نحن الآن عليه فليس يخرج عن اسم الحرير فيحرم ولا اعتبار بكمودة اللون ولا بكونه ليس من ثياب الزينة فإن كلا منهما تعليل ضعيف لا أثر له بعد انطلاق الاسم عليه اهـ كلامه ولم يتعرض لمقابل التقسيم وهو وإن كان المراد به شيئا آخر فيتجه كلامه والذي يظهر أن مراده به رديء الحرير وهو نحو ما تقدم في الخز ولأجل ذلك وصفه بكمودة اللون والله أعلم

4. مغني المحتاج الجزء الأول صحـ 582
(فصل) فيما يجوز لبسه للمحارب وغيره وما لا يجوز ( يحرم على الرجل ) في حال الاختيار وكذا الخنثى المشكل خلافا للقفال (استعمال الحرير) وهو ما يحل عن الدودة بعد موتها والقز وهو ما قطعته الدودة وخرجت منه حية وهو كمد اللون ( بفرش وغيره ) من وجوه الاستعمال إلا ما يأتي استثناؤه كلبسه والتدثر به واتخاذه سترا

5. إعانة الطالبين الجزء الثاني صحـ 90-91
ويحرم التزين بالحرير ولو قزا وهو نوع منه كمد اللون وما أكثره وزنا من الحرير لا ما أقله منه ولا ما استوى فيه الامران ولو شك في الاكثر فالاصل الحل على الاوجه (قوله ولو قزا) الغاية للرد على القول بأنه يحل لانه لا يقصد للزينة (قوله وهو نوع منه) أي القز نوع من الحرير فهو أعم منه ومن الابريسم وذلك لان القز ما قطعته الدودة وخرجت منه حية والابريسم ما ماتت فيه والحرير يعمهما خلافا لما وقع في بعض الحواشي من أن الحرير اسم لما ماتت في الدودة وحل عنها بعد الموت لانه عليه يصير القز مباينا له لا نوعا منه (وقوله كمد اللون) أي متغير اللون ليس بصاف

6. فتاوي الشرعية لحسنين مخلوف الجزء الأول صحـ 100-101
هل لبس الحرير الصناعي محرم شرعا كالحرير الطبيعي ؟ الجواب يتخذ الحرير الصناعي من لب الخشب ومن حطب القطن ومن القطن وتحول هذه المواد كيمائيا إلى أوراق تشبه أوراق النشاف ثم تغمر في أحواض الصودا الكاوية المخففة وبعد برهة تعصر وتقطع قطعا صغيرة ثم يضاف إليها مادة كيماوية أخرى لتحويلها إلى نوع آخر من السيلولوزيذوب في الصودا الكاوية ويطلق عليه الفيسكوز ويكون هذه الحالة سائلا لزجا في لون عسل النحل ويمرر في ثقوب صغيرة جدا داخل حمض كبريتيك فتتكون من ذلك فتلة الحرير ثم تبيض وتغسل وتجفف لتكون معدة للنسج هذا هو الحرير الصناعي ومادته وصناعته كما وقفنا عليه من المختصين وهو نوع من المنسوجات مستحدث في الصناعة وغير معروف في الصدر الأول ومغاير في المادة للحرير الطبيعي الذي تخرجه الدودة المعروفة بدود القزو ويسمى الإبريسم والديباج والقز والذي وردت نصوص الشارع بتحريم لبسه على الرجال وظاهر أن هذه المنسوجات لا تسمى في عرف الشارع حريرا وإن سميت حريرا في العرف المستحدث على سبيل التشبيه فقط بالحرير الطبيعي ولا تشملها نصوص التحريم فيجوز لبسها للرجال كسائر الثياب القطنية والكتانية والله أعلم

7. المنجد صحـ 228
الدودة ج دود وديدان (ح) دويبة صغيرة من الحيوانات العديمة الفقار جسمها مستطيل ومقسم إلى حلقات بعض أنواعها من الطفيليات منها الدودة الوحيدة ودودة الأرض والعلق – إلى أن قال- دودة القز (ح) حشرة من فصيلة القزيات كانت تربي منذ القدم في الصين واليابان وقد عرفت في الشرق الأوسط وأوروبا في القرون الوسطي وهي تتغذى بورق التوت الأخضر تكون أولا بيوضا يضعها الفراش البالغ تحل فيالجها ويستخلص منها الحرير الطبيعي الذي لم يزل أثمن وأجمل حرير بين المواد الليفية كافة

8. الامتناع والمؤانسة لأبي حيان التوحيدي صحـ 15
الدودة الهندية هي دودة القز لها في رأسها قرنان ثم تتحول بيضة ثم تتصور في هيئة أخرى ذات جناحين عريضين منتصبين وصناعتها دمقس الحرير


Related Posts:

6 Responses to "Serat sutra alam liar"

  1. Jadi intinya tak ada perbedaannya ya, mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ea mbak, hukumnya jga sama,
      Laki2 haram memakai, kalau wanita tidak.

      Hapus
  2. ular sutra ya .. dulu di belakang rumah saya ada perkebunan tanaman yang buat pakan ulat sutra loh.. :) kalo dari segi harga gi mana om .. sama kah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu hrga sya g tau mas, cz g pernah beli kain sutra.

      Hapus
  3. kain sutra liar dan kain sutra biasa hukum pemakaiannya bg laki-laki tetap sama haram

    semoga yang punya masalah dg keraguan bisa menemukan jawabannya sekarang

    BalasHapus